Terbaru

Monday, January 19, 2015

Pembuluh Angkut


I.          Judul Praktikum       : Pengangkutan Di Dalam Berkas Pembuluh Angkut
II.        Tanggal Praktikum   : 30 November 2013
III.       Tujuan Praktikum    : Untuk Mengamati Jaringan Pengangkut Air Pada
                                       Tanaman Pacar Air

IV.       Dasar Teori                :
Menurut Lakitan (2001: 46), “Jaringan pengankut merupakan jaringan yang berperan untuk mengangkut air dan unsur hara dari akar sampai daun, serta mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Berdasarkan fungsinya jaringan pengangkut pada tumbuhan terdiri dari xylem dan floem”.

Menurut Wibisono (1993:31), “Xylem adalah jaringan rumit yang terdiri atas berbagai tipe sel terpenting. Sel yang terpenting adalah unsur pembuluh, yang terdiri atas sel yang tak hidup yang berfungsi untuk penguat. Jaringan xylem terdapat pada bagian kayu tanaman, yang berfungsi untuk mengeluarkan air dari akar menuju seluruh bagian tumbuhan”.

Menurut Salisbury (1995: 178), “Floem atau pembuluh tapis adalah komponen utama pada jaringan oengangkut yang ada pada tumbuhan dan merupakan jaringan yang tersusun oleh sel-sel hidup dengan tipe yang berbeda. Penyusun floem adalah unsur tapisan yang membantu pengangkutan hasil fotosintesis dan disalurkan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan”.


V.        Alat dan Bahan         :
a.    Alat             :
1.    Pisau/curter
2.    Gelas Piala
3.    Karton penutup
b.    Bahan                     :
1.    Cairan eosin
2.    Air
3.    Tanaman pacar air (Impatien balsamina)

VI.       Cara Kerja                :
1.         Dimasukkan air ke dalam piala + ¾ gelas tersebut.
2.         Diberikan sedikit eosin ke dalam gelas percobaan.
3.         Diselubungi mulut gelas dengan karton, lubangi bagian tengahnya sesuai dengan ukuran batang tanaman.
4.         Dimasukkan tanaman yang sudah dipotong akarnya ke dalam larutan tersebut.
5.      Diamati setelah 30 menit dengan cara membuat sayatan melintang dan membujur pada  batang tanaman tersebut. Kemudian lihat apa yang terjadi.



VII.     Hasil Pengamatan     :
Gambar          :  Sayatan membujur Impatien                         balsamina
Keterangan









1. Pembuluh xylem





Gambar          : Sayatan melintang Impatien                           balsamina
Keterangan












1. Pembuluh xylem


VIII.    Pembahasan              :
            Berdasarkan hasil pengamatan, dapat jaringan pengangkut merupakan jaringan yang berperan untuk mengangkut air dan unsur hara dari akar sampai daun, serta mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Jaringan pengangkut terdapat dua macam yaitu jaringan xylem dan floem.

            Unsur xylem terdiri atas trakea atau trakeid. Sel trakeid tidak berlubang, tetapi terdapat noktah berhalaman diantaranya, sedangkan trakea memiliki lubang pada ujungnya. Adanya lubang dari serangkaian sel membentuk seperti pembuluh yang kemudian disebut trakea. Selain itu xylem memiliki unsur-unsur yang lain seperti serabut xylem yang terdiri dari sel-sel panjang dan ujungnya meruncing, kemudian parenkim kayu yang berisi berbagai zat seperti cadangan makanan, tannin dan kristal.

            Unsur floem terdiri atas buluh tapis yang berbentuk tabung dengan bagian ujung berlubang-lubang, sel pengiring berbentuk silinder-silinder dan lebih besar daripada sel-sel tapis serta plasmanya pekat. Serabut floem bentuknya panjang dengan ujung-ujung berhimpit dan dindingnya tebala, parenkim floem, selnya hidup memiliki dinding primer dengan lubang kecil yang disebut noktah halaman.

            Pengamatan pada tumbuhan atau tanaman pacar air (Impatien balsamina), setelah dimasukkan ke dalam cairan eosin dan didiamkan selama 30 menit hasilnya pada batan tanaman ni terlihat jaringan pengangkut yang berupa xylem dan terdapat pada bagian pinggir batang tanaman ini. Hal ini dikarenakan memiliki fungsi mengangkut air serta zat-zat sehingga tanaman dapat menyerap unsur hara dari tanah dengan baik.

IX.       Kesimpulan                :
1.   Jaringan pengangkut adalah jaringan yang berperan untuk mengangkut air dan unsur hara serta diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan.
2.    Jaringan pengangkut pada tumbuhan terbagi atas dua yaitu xylem dan floem.
3.  Xylem berfungsi sebagai penyalur air dari akar menuju ke seluruh tubuh tumbuhan.
4.   Floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun dan disalurkan ke seluruh   bagian tumbuhan.

5.    Xylem terdiri atas trakeid dan trkea, sedangkan floem terdiri atas sel tapisan, sel 
pengiring, dan parenkim.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More