Terbaru

Friday, January 9, 2015

Transpirasi pada tumbuhan

Transpirasi
         1.      Transportasi
         2.      Organ transpirasi
         3.      Proses transpirasi
         4.      Macam-macam transpirasi
         5.      Hasilnya
         6.      Factor-faktor yang mempengaruhi transpirasi

Air masuk ke akar (rambut-rambut akar) melalui proses osmosis, kemudian terjadilah proses transportasi yaitu pengangkutan air dan garam-garam minerak dari akar menuju ke daun terutama oleh xylem dan secepatnya mempengaruhi kegiatan transpirasi.
Transpirasi adalah terlepasnya air dalam bentuk uap air melalui lentisel, stomata dan kutikula ke udara bebas. Jadi organ yang berperan pada transpirasi yaitu lentisel,stomata dan kutikula.
Mekanisme transpirasi air akan mudah dipahami kalau kita mengenal juga anatomi daun tumbuhan. Pada sayatan melintang daun terlihat bahwa daun tersusun oleh sel-sel epidermis atas, jaringan mesofil yang terdiri dari jaringan palisade dan jaringan bunga karang dengan ikatan pembuluh diantaranya, epidermis bawah dengan stomata.
Transpirasi dimulai dengan penguapan air oleh sel-sel mesofil ke rongga antar sel yang ada di dalam daun.dalam hal ini rongga antar sel jaringan bunga karang merupakan organ yang besar, sehingga dapat menampung uap air dalam jumlah banyak. Penguapan air ke rongga antar sel akan terus berlangsung selama rongga antar sel belum jenuh dengan uap air. Sel-sel yang menguapkan airnya ke rongga antar sel, tentu akan mengalami kekurangan air sehingga potensial airnya menurun. Kekurangn ini akan diisi oleh air yang berasal dari xylem tulang daun, yang selanjutnya tulang daun akan menerima air dari batang dan batang menerima dari akar dan seterusnya. Uap air yang terkumpul dalam rongga antar sel akan tetap berada dalam rongga antar sel tersebut, selama stomata pada epidermis daun tidak membuka. Kalupun ada uap air yang keluar menembus epidermis dan kutikula, jumlahnya hanya sedikit.
Agar transpirasi dapat berjalan, maka stomata pada epidermis harus membuka. Apabila stomata membuka, maka aka nada penghubung Antara rongga sel dengan atmosfer. Kalau tekanan uap airdiatmosfer lebih rendah dari rongga antar sel akan keluar ke atmosfer dan proses nya disebut transpirasi.
Membuka dan menutup nya stomata disebabkan karena torgor sel penutupnya. Apabila turgor sel penutup tinggi maka stomata akan membuka dan apabila turgor sel penutup nya menjadi rendah maka stomata akan menutup.
Macam-macam transpirasi      
Ada tiga tipe transpirasi yaitu :
1.    Transpirasi Kutikula
Adalah evaporasi(penguapan) air yang tejadi secara langsung melalui kutikula epidermis. Kutikula daun secara relatif tidak tembus air, dan pada sebagian besar jenis tumbuhan transpirasi kutikula hanya sebesar 10 persen atau kurang dari jumlah air yang hilang melalui daun-daun. Oleh karena itu, sebagian besar air yang hilang terjadi melalui stomata.
2.    Transpirasi Stomata
Adalah Sel-sel mesofil daun tidak tersusun rapat, tetapi diantara sel-sel tersebut terdapat ruang-ruang udara yang dikelilingi oleh dinding-dinding sel mesofil yang jenuh air. Air menguap dari dinding-dinding basah ini ke ruang-ruang antar sel, dan uap air kemudian berdifusi melalui stomata dari ruang-ruang antar sel ke atmosfer di luar. Sehingga dalam kondisi normal evaporasi membuat ruang-ruang itu selalu jenuh uap air. Asalkan stomata terbuka, difusi uap air ke atmosfer pasti terjadi kecuali bila atmosfer itu sendiri sama-sama lembab.

3.    Transpirasi Lentikuler

Lentisel adalah daerah pada kulit kayu yang berisi sel-sel yang tersusun lepas yang dikenal sebagai alat komplementer, uap air yang hilang melalui jaringan ini sebesar 0.1 % dari total transpirasi


                                    
                                           Factor-faktor yang mempengaruhi transpirasi
1.    Factor luar
·      Radiasi cahaya
·      Kelembaban
·      Suhu
·      Angin
·      Keadaan air dalam tanah

2.    Factor dalam
·      Besar kecilnya daun
·      Tebal tipisnya daun

·      Banyak sedikitnya stomata.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More